Tentang LINUX

| 23 Agustus 2012

Tentang Linux

Penemu linux adalah Linus Torvalds. Pertama kali diperkenalkan ke masyarakat umum melalui sebuah milis pada tahun 1991 dan Linus trovalds pun menggandeng progamers lain untuk menyempurknakan  sistem operasi yang di buat. Peralatan sistem dan pustaka linux berasal dari sistem operasi GNU (1983).GNU berkontribusi menciptakan nama alternatif GNU atau Linux.
Linux dikenal untuk peggunannya di server dan didukung oleh perusahaan-perusahaan komputer ternama (intel , Dell , Hewleett-Paackard , IBM , Novell , Oracle , Corporation , Red Hat , dan Sun Microsystems). Linux digunakan sebagai sistem operasi diberberapa jenis perangkat keras komputer, seperti komputer deskop dan superkomputer. Linux digunakan untuk server-server ini karena lebih stabil dan aman dari virus
Linux juga digunakan dalam sisitem benam seperti pembaca buku elektronik, sistem permainan Video (PlayStation 2, Playstation 3 dan Xbox), telepon genggam, dan router. Sistem operasi linux dikenal dengan istilah Linux distribution ( Distribusi Linux). Atau distro Linux. Sistem operasi ini, umumnya sudah termasuk perangkat-perangkat Lunak pendukung, seperti sever web, bahasa pemprogaman, basis data, dan tampilan deskop (deskop environment). Perangkat lunak yang sudah teritegrasi ke dalam sistem operasi Linux ini tentu saja akan mempermudah pemakaian karena tidak perlu lagi menginstall software-software tambahan. Artinya, setelah kita menginstall sistem operasi Linux ke dalam komputer kita, kita bisa memakai komputer, kita tanpa perlu menginstall aplikasi lagi.


Sejarah

            Sejarah linux sendiri dimulai dari sistem operasi Unix. Pada 1960an, sistem operasi Unix mulai dikembangkan dan dirilis pertama kali pada 1970 . Faktor ketersediaan dan kompatibilitas Unix yang tinggi, membuat sistem operasi ini dapat digunakan , disalin, dan domodifikasi secara luas oleh institusi kampus dan para pebisinis.
Pada 1984, dimulailah proyek GNU dengan tujuan membuat sebuah sistem operasi yang kompatibel dan secara total terdiri atas perangkat lunak bebas. Richard Stallman mendirikan Yayasan Perangkat Lunak Bebas pada 1985. Selain itu, ia mengembangkan Lisensi Pblik Umum GNU (General Public Lisence atau GNU GPL).


Desain

            Linux mempunyai banyak desain yang berasal dari desain dasar Unix( dikembangkan pada 1970 sampai 1980-an). Linux menggunakan sebuah kernel monolik (karnel Linux untuk menangani kontrol proses, jarigan,periferal, dan pengaksesan sistem berkas),
Sebagian besar Fungsi fungsi tingkat tinggi Linux ditangani oleh proyek-proyek terpisah yang berintegrasi dengan kernel, Userland GNU adalah bagian penting dari siste Linux. Userland GNU menyediahkan shell dan berbagai peralatan yang menagani banyak fungsi dasar sistem operasi.


Aplikasi Sistem Operasi Linux
         
            Saat awal-awal Linux ini dikenalkan ke masyarakat, pegguna Linux biasannya memasang dan melakukan sendiri konfrigurasi terhadap sistem dan lebih mengerti teknologi dibandingkan pengguna Microsoft Windows atau Mac OS. Hal ini disebabkan karena saat awal dikenalkan, Linux masih sangat minim dalam menampilkan GUI (Graphical user Interface) untuk para penggunannya untuk menjalakan Linux harus menggunkana kode-kode program perintah. Orang-orang ini dikenal dengan sebutan “Hacker” atau “geek” dan dimasyarakat berkembang prasangka bahwa linux hanya digunakan oleh orang-orang yang mengetahui kode-kode pemprograman saja. Namun,prasangka ini semakin berkurang karena peningkatan sifat ramah pengguna Linux dan semakin luasnya pengguna distribusi. Komputer dengan pengguna seperti halnya sistem operasi lain. Linux semakin banyak digunakan oleh pengguna karena kebebasan yang bisa didapatkan dari Linux tersebut.
            Linux sudah meraih pencapaian yang baik dalam pasaran komputer server dan komputer tujuan khusus (mesin render gambar dan server web). Bahkan, Linux mulai dikenal dalam pasaran komputer deskop dan memungkinkan penggunannya dalam peralatan seperti simputer (komputer dengan biaya rendah untuk penduduk berpendapat rendah di negara-negara berkembang). Linux juga sangat cocok digunakan untuk komputer-koputer dengan spesifikasi yang rendah karena linux tidak membutuhkan spesifikasi tinggi untuk menjalankannya.


Instalasi

            Sekarang,proses instalasi Linux menjadi lebih mudah dan tidak lagi menjadi penghalang bagi pengguna baru. Dengan diterimannya Linux oleh beberapa pabrikan komputer pribadi besar, banyak tersedia komputer terpasang (builit up) dengan distribusi Linux.
            Selain itu, ada distribusi Linux yang dapat dijalankan langsung dari CD tanpa diinstalisasi ke hard disk atau dikenal dengan istilah Live CD. Bahkan, saat ini Linux juga bisa diinstal ke dalam flashdisk yang membuat semakin praktis dalam penginstalan Linux ini. Jika kita masih ragu untuk menginstalisasi Linux ke dalam komputer kita, kita bisa mencoba Linux tersebut telebih dahulu sebelum menginstall ke dalam komputer kita.
            Instalasi Linux juga merupakan instalasi berupa suite (menginstalasi secara otomatos program-program standar, seperti pemutaran MP3, Office suite,dan pengolahan gambar). Kemudahan dalam menginstallasi sangat terasa saat melakukan proses installasi Linux ini. Proses installasi juga lebih cepat dibandingkan menginstall sisitem operasi lain. Dan menjadi daya tarik dalam menginstall sistem operasi Linux ke dalam komputer kita adalah kita bisa menginstall sistem operasi Linux kedalam komputer kita. Jadi kita bisa memilih menggunakan distro mana saaat pertama kali menginstaal komputer.misalnnya saja kita menginstaal distro Ubuntu untuk berkerja, kemudian menginstaal distro Edubuntu untuk mengajar, dan Linux Gamers untuk bermain game. Bukan hanya tiga macam distro yang bisa kita instaal, tetapi tidak terbatas. Sepuluh atau dua puluh bisa kita instaal ke dalam komputer kita asalkan hardisk dari komputer kita memadai.
            Linux yang sangat fleksibel, juga bisa diinstal berdampingan dengan sistem operasi lain seperti Windows. Bahkan, Linux juga bisa diinstal di windows seperti halnya kita menginstaal sebuah software. Sangat praktis sekali dan tentu saja gratis.

Sekian info dari saya ........




0 komentar:

Posting Komentar

Next Prev
▲Top▲